STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi Kecamatan Enrekang sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 dapat dilihat sebagai berikut :

– Susunan Kepegawaian dan Perlengkapan

Berdasarkan struktur organisasi pada Kantor Kecamatan Enrekang, Camat Enrekang dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh satu orang pejabat esalon III B, lima orang pejabat eselon IV A, dua orang pejabat esalon IV B, dua orang staf dan satu orang tenaga honorer.

Untuk jelasnya dapat digambarkan sebagai berikut :

Lingkup Kantor Kecamatan Enrekang :

  • Camat sebagai pimpinan SKPD (Eselon III A) : 1
  • Sekretaris (Eselon III B) : 1
  • Kepala Seksi (Eselon IV A) : 5
  • Ka.subag. (Esalon IV B) : 2

Kinerja suatu organisasi sangat tergantung oleh sumber daya manusia yang ada di dalamnya sebagai penggerak roda organisasi yang merupakan faktor internal yang berpengaruh langsung terhadap lingkungan strategis organisasi.

Dalam lingkup Kantor Kecamatan Enrekang pada tahun 2010 tercatat 12 orang PNS dan 3 orang tenaga honorer yang apabila diklasifikasikan berdasarkan jenis kelamin sebagai berikut :

  1. Laki-laki : 7 orang (2 tenaga honorer)
  2. Perempuan : 8 orang (1 tenaga honorer)

Berdasarkan pendidikan formal sebagai berikut :

  1. Pendidikan S1/sederajat : 9 orang (1 honorer)
  2. Pendidikan Diploma(DIII) : – orang
  3. SMA sederajat : 7 orang (2 honorer)

Berdasarkan Golongan kepangkatan sebagai berikut :

  1. Golongan IV/a : 2 orang
  2. Golongan III/d : 1 orang
  3. Golongan III/c : 4 orang
  4. Golongan III/b : 4 orang
  5. Golongan III/a : 1 orang

Berdasarkan tingkat penjenjangan terakhir sebagai berikut :

  1. Adum/Latpim III : 2 orang
  2. Adum/Latpim IV : 7 orang

Faktor pendidikan juga merupakan salah satu indikator penentu dalam mencapai tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan umum, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. semakin tinggi tingkat pendidikan seorang aparatur maka semakin tinggi pula aksesibilitas pelayanan kepada masyarakat.

Perlengkapan yang dimaksud pada Kantor Kecamatan Enrekang adalah perlengkapan yang keberadaanya mendukung program-program kegiatan Pemerintahan, Pembangunan, dan Pelayanan Kemasyarakatan yang ada pada wilayah Kecamatan Enrekang.

– Tugas dan Fungsi

Sampai saat ini kedudukan Kantor Kecamatan Enrekang dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi organisasi berpedoman pada Peraturan Daerah Nomor 34 Tahun 2002 tentang Pembentukan dan Struktur Organisasi Kecamatan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Pedoman Perangkat Daerah. Organisasi Kecamatan memiliki fungsi dan tanggung jawab untuk membantu bupati dalam mengoptimalkan kegiatan-kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan yang berada dilingkup wilayah Kecamatan dimana Kantor Kecamatan dipimpin oleh seorang Camat yang dalam melaksanakan tugas pemerintahan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati Enrekang melalui Sekretaris Kabupaten. Adapun uraian tugas pada Kantor Kecamatan dapat dijabarkan sebagai berikut :

  • CAMAT : Melaksanakan sebagian kewenangan Pemerintah Daerah yang dilimpahkan oleh Bupati dalam wilayah kerja Kecamatannya dalam melaksanakan tugas tersebut di atas, Camat dibantu oleh Sekretaris Kecamatan,para Kepala Seksi dan Ka.subag yang masing-masing memiliki tugas sebagai berikut:
  1. SEKRETARIS :
    1. Mempelajari Peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    2. Merumuskan perencanaan dan program serta penyusunan rancangan kepada Camat.
    3. Bertanggung jawab dalam Bidang Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian lingkup Pemerintah Kecamatan.
    4. Melaksanakan tertib Administrasi dan Tata Usaha
    5. Melaksanakan Pengelolaan perlengkapan dan rumah tangga Kecamatan
    6. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Camat.
    7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh Camat. 

    1. KA.SUBAG PERENCANAAN
      1. Merencanakan dan merumuskan program kegiatan kecamatan kepada Sekretaris Camat.
      2. Melaksanakan urusan umum dan kepegawaian (DUK, Arsip Surat, Agenda Surat, Distribusi Surat, Absensi Pegawai).
      3. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan setiap kegiatan
      4. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh Camat.
    2. KA.SUBAG KEUANGAN
      1. Melaksanakan urusan keuangan (Mengadministrasikan Urusan keuangan Kecamatan)
      2. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan keuangan Kecamatan
      3. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh Camat
    3. STAF : - Urusan umum dan kepegawaian (DUK, Arsip Surat, Agenda Surat, Distribusi Surat, Absensi Pegawai).
      Urusan keuangan (Mengadministrasikan Urusan keuangan Kecamatan)
      Urusan Perencanaan dan pelaporan
  2. SEKSI PEMERINTAHAN
    TUGAS : Menyiapkan bahan pembinaan penyelenggaraan di bidang umum pemerintahan, pemerintahan Desa/Kelurahan, Lingkungan Hidup, dan pertanahan.URAIAN TUGAS :
  3. 1. Memfasilitasi pelaksanaan tugas pembantuan pemerintah Propinsi dan pemerintah Kabupaten pada Desa dalam wilayah di Kecamatan.
    2. Melaksanakan pengendalian dan Evaluasi pelaksanaan program di bidang pemerintahan.
    3. Menginventarisir permasalahan pada seksi. Pemerintahan dan mencari penyelesaiannya.
    4. Melaksanakan pembinaan, Penataan Evaluasi Administrasi Pemerintahan.
    5. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Camat.
    6. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh Camat.

    STAF : - Membantu kepala seksi dalam mengadministrasikan Urusan Bina Pemerintahan Umum Desa dan Kelurahan mengadministrasikan urusan Pertanahan dan penataan bangunan (IMB)

  4. SEKSI KESRA
    • Urusan seksi kependudukan KB / KS dan pemberantasan kemiskinan.
    • Kesehatan Masyarakat
    • Kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan perempuan
    • Bina mental dan spritual
    • Invormasi dan komunikasi.
    • Pendidikan dan kebudayaan
    • Pendidikan Dasar dan Menengah
    • Pendidikan luar sekolah, Pemuda dan Olah Raga
    • Parawisata dan kebudayaan
    • URAIAN TUGAS :
      • 1. Membuat perencanaan dan penyusunan program dalam bidang Kependudukan dan Kesos.
        2. Sosialisasi Perda/Kebijakan Perda dalam hal kependudukan dan Kesos.
        3. Pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi program Kesos
        4. Evaluasi dan pengawasan kegiatan dan pengembangan kependudukan.
        5. Memantau dan menganalisis data dan pengembangan kependudukan.
        6. Inventarisasi permasalahan seksi kependudukan / Kesos.
        7. Melaporkan Hasil pelaksanaan Tugas pada pimpinan
        8. Melaksanakan Tugas Kedinasan lain yang diperintahkan oleh Camat
  5. TUGAS : Melaksanakan kegiatan dan pelayanan di bidang kependudukan dan kesejahteraan sosial.

    STAF : Membantu Kepala Seksi mengadmistrasikan urusan-urusan:

  6. SEKSI TRANTIB.
  7. TUGAS : Menyelenggarakan Urusan ketentraman dan ketertiban umum.
    URAIAN TUGAS :
    1. Melaksanakan Pengawasan dan pengendalian ketentraman dan ketertiban masyarakat.
    2. Melaksanakan Koordinasi dengan instansi terkait
    3. Bertanggung jawab menyusun rencana program pembinaan, pengendalian dan pengawasan di bidang ketentraman, dan perlindungan masyarakat.
    4. Melaksanakan konsultasi dan kerjasama dengan instansi terkait dalam pelakasaan Diklat Hansip, dan Linmas.
    5. Bertanggung jawab dalam pemberian bantuan dalam rangka pengarahan dan pengendalian anggota masyarakat dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya ancaman dan bencana.
    6. Melaksanakan pembinaan, bimbingan dan pengarahan dalam rangka siskamling
    7. Menginventarisir permasalahan trantib dan Linmas serta mencari pemecahannya.
    8. Melaporkan tugas pada camat
    9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan

  8. SEKSI PEMBANGUNAN
    • URAIAN TUGAS :
      1. Membuat perencanaan dan pelaksanaan tugas pada seksi Ekonomi dan pembangunan.
      2. Mengkordinasikan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang perekonomian
      3. Mensosialisasikan Perda di bidang perekonomian dan pembangunan
      4. Bertanggung jawab terhadap pengembangan potensi wilayah
      5. Inventarisir permasalahan pembangunan ekonomi dan pembangunan disektor lainnya dan mencari pemecahannya.
      6. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Camat
      7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang dipertintahkan Pimpinan
    • Tugas Staf

    • Urusan prasarana wilayah dan pemukiaman pekerjaan umum
    • Perekonomian produksi dan distribusi
    • Pertambangan dan Lingkungan hidup
    • Perhubungan dan angkutan pedesaan
    • Tata kota kebersihan dan pertamanan
    • Tugas lain yang diperintahkan pimpinan

  9. SEKSI PELAYANAN UMUM
  10. TUGAS : Melaksanakan pelayanan di bidang industri dan perdagangan, penanaman modal dan koperasi serta pemberdayaan masyarakat .

    Tugas Staf :

    1. Mempelajari peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan
    2. Membuat rencana Program di bidang pelayanan umum
    3. Menyiapkan petunjuk teknis pedoman pelaksanaan pelayanan akta kelahiran, akta kematian, akta pernikahan, akta perceraian, akta pengesahan, akta penyerahan anak dan akta perubahan usaha
    4. Menghinpun dan mengelola data Catatan Sipil dan pelayanan umum serta mencari pemecahannya
    5. Melaksanakan pengadministrasian jasa ketatausahaan
    6. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan Pimpinan

1 Komentar

One thought on “STRUKTUR ORGANISASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s